8 Tips Jitu Untuk Menstimulasi Anak Agar Gemar Belajar

Inilah tips-tips yang bisa diterapkan agar anak mau belajar bersama di rumah. Agar anak Anda tidak merasa bosan, Anda harus menggunakan metode belajar yang menyenangkan. Anda dapat mengajarkan bahasa Inggris melalui video Youtube atau movie kartun.

Photo by cottonbro from PexelsAgar anak cepat menghapal bentuk dan juga nama-nama dari alphabet, Kamu bisa mengajaknya untuk terlibat di beberapa kegiatan. Mintalah untuk menuliskan nama-nama snack favoritnya agar ia merasa tertarik dan mau melakukannya. Semuanya harus punya warna-warna lucu agar anak bisa fokus Sweet Bonanza dan tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh. Jika sudah mulai bosan, maka harus diganti dengan perlengkapan baru yang tak kalah menariknya. Orang tua biasanya cenderung mengambil “jalan pintas” yang mudah. Selain berbohong, orang tua juga biasanya kerap menakut-nakuti anak agar anaknya mau menurut dengan segera.

Cara agar anak mau belajar dengan baik

Lebih baik berbicara baik-baik dengan anak dan menjaga nada bicara agar tetap tenang. Nada suara yang tenang akan membuat anak tergerak untuk mengikuti perkataan Anda. Berteriak tidak akan membuat anak patuh dan menuruti perintah Anda.

Salah satu contohnya adalah dengan mengatakan kepada anak bahwa Anda sangat menyayanginya. Pelukan atau ciuman juga bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi jiwa sang anak yang bisa Anda lakukan. Usia 0 tahun merupakan masa-masa yang kritis bagi perkembangan otak sang anak. Pada tahap inilah anak mengalami masa-masa keemasan dimana perkembangan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat. Pada masa ini bahkan otak anak memiliki kemampuan untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat dari anak yang berusia three tahun.

Di satu sisi dia mendapatkan bimbingan belajar dengan cara mendengarkan. Apa yang terjadi anak akan mereka kesulitan menangkap materi dan malas. Misalnya jika anak mempunyai gaya belajar dengan membaca, gantilah buku yang full teks dengan buku yang berwarna dan bergamba atau bisa mengajak anak Anda pergi ke toko buku seminggu sekali. Tetapkan waktu tertentu untuk anak mengerjakan tugas atau belajar, misalkan setelah makan malam.

Anak saya kalau di sekolah menjadi pribadi yang bisa dibilang cengeng, karena setiap diantar sekolah ia selalu menangis. Sampai di sekolah langsung menangis tidak mau ditinggal, padahal dulu selama 2 bulan di sekolah saya sudah menunggui belajarnya di sekolah, dan sekarang sudah tidak di tunggu lagi. Tetapi hampir 6 bulan ini anak saya tetap masih menangis saja di sekolah, perilakunya itu berbeda sekali dengan keadaan saat dia di rumah begitu aktif.

Berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan agar anak lebih bersemangat untuk belajar, melansir educationcorner.com. Jakarta – Biasanya anak bakal melawati fase di mana mereka sulit diatur. Bukan nggak mungkin beberapa anak susah banget disuruh belajar.

Fumi