Hack It Run Darmajaya, Mahasiswa Presentasikan Ide Usaha

Kamu yang punya pemikiran panjang harus merencanakan atau mengatur planning setelah lulus kuliah mau menjadi apa nantinya. Hal ini perlu karena hanya orang yang berpikiran panjanglah yang terbukti bisa sukses di masa depan. Tentunya persiapan materi, transportasi untuk mempermudah mobilitas, dan tekad yang kuat. Jika untuk satu murid yang kamu pegang dalam sebulan kamu bisa mendapatkan Rp 500 ribu, coba hitung sendiri kalau kamu bisa mengajar empat orang murid.

Sehingga pihak perusahaan akan dengan senang bekerja sama dengan mu melalui kontrak endorsment. Untuk itu, kamu harus konsisten dan rutin membuat konten menarik di sosial media mu seperti instagram, twitter atau youtube. Dan bila ini memang passionmu, kegiatan ini sangat menyenangkan. Kamu bisa mencoba menjadi seorang blogger atau youtuber dan apabila pengunjung kamu sudah banyak maka kamu bisa memasang jaringan periklanan seperti google adsense di media milik kamu. Banyaknya pemakai smartphone baik yang berbasis android maupun iOS kini semakin banyak dan prospektif. Oleh karena itu bagi kamu yang paham dengan bahasa pemograman dan bisa menciptakan aplikasi akan menjadi sangat menguntungkan.

Bahkan, kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini dari rumah tanpa harus sering ke kantor. Jadilah kamu bisa memanfaatkan peluang usaha itu dengan mendirikan startup atau perusahaan rintisan dengan kawan kawanmu. Jadi bagaimana caranya untuk memulai bisnis dari hobi atau keahlian ini? Sebenarnya hampir sama dengan memulai bisnis baru, bedanya adalah kamu sudah memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman yang memadai. Namun, dompet mahasiswa tentu berbeda dengan dompet orang yang sudah kerja. Menjadi seorang admin bisa jadi alternatif bisnis sampingan mahasiswa yang menjanjikan.

Karena bisnis ini sudah banyak, persaingannya pun ketat sehingga perlu ada inovasi yang menjadi daya tariknya. Kamu dapat menyusun program yang unik, tetapi tetap edukatif dan tidak membosankan. Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menyewa seorang karyawan. Pertama, karyawan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi karakter maupun keahliannya. Kedua, kamu juga perlu menyadari konsekuensinya, yaitu menyediakan gaji tiap bulan untuk membayar karyawan.

Manfaat lain dari membangun bisnis sejak mahasiswa adalah para mahasiswa memiliki keunggulan untuk memahami teknologi yang sangat membantu dalam bisnis. Mahasiswa yang merupakan generasi milenial tentu sudah tidak asing lagi dengan teknologi. Hal ini bisa menjadi modal yang sangat kuat bagi para mahasiswa untuk membangun bisnisnya mulai dari sekarang.

Ide bisnis untuk mahasiswa

Itulah bukti jika status mahasiswa tidak menjadi hambatan bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan guna mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis tersebut. Bagi yang masih bingung untuk memulai, berikut kami berikan beberapa ide bisnis yang kiranya bisa dikembangkan. Sebelumnya, ada pula mahasiswa Harvard lain yang juga salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, yang memulai bisnisnya sejak masih kuliah. Kemajuan teknologi seperti sekarang ini semakin mempermudah Anda dalam melakukan apapun. Ini memungkinkan generasi milenial yang melek akan teknologi bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjalankan bisnis online.

Diantaranya,Brief untuk memahami tentang apa itu startup bisnis, bagaimana memulainya, dan hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan ide bisnis. Mereka juga telah melalui tahap Workspace yang membahas design thingking, create staff/community session, dan canvas model. Informasi mengenai bisnis atau startup tentu mudah ditemui sehari-hari melalui koran, televisi, dan web.

Much