Cara Orangtua Mendampingi Anak Belajar Di Rumah

Anak-anak tidak hanya berubah sikap terhadap tugas-tugas sekolah dan mata pelajaran. Mereka juga tahu standar performa yang perlu dicapai untuk mendapatkan pengakuan, pujian ataupun hadiah. Hal ini akan membantu mereka dalam menghadapi target-target di dunia kerja. Anak-anak akan belajar dengan cepat ketika mereka menghadapi konsekuensi alami yang nyata. Misalkan mereka berkukuh bermain sport, baru belajar, maka energi sudah habis untuk bermain game dan tidak konsentrasi belajar.

Mungkin, anak Anda lebih suka belajar dengan langsung mempraktikannya. Atau, ia lebih suka belajar dengan bantuan gambar, misalnya dengan video. Dengan berada di sampingnya, orangtua dapat membimbing dan tentunya memberikan dukungan agar si kecil menjadi semangat belajar. Tidak perlu buku pelajaran, buku-buku cerita bergambar juga boleh dibaca oleh si kecil.

Ada juga anak yang punya gaya belajar auditif, yakni mereka yang lebih mudah memahami sesuatu dengan mendengar—bisa melalui lagu, atau segala sesuatu yang diulang-ulang. Tak ketinggalan ada pula anak yang memiliki gaya belajar kinestetik, yakni mereka yang tampak sangat aktif dan sulit diam. Ya, pengawasan dari orang tua saat anak belajar on-line sangat diperlukan.

Memaksa anak memang tidak baik, walau Anda sendiri tahu anak-anak harus sedikit didorong untuk mau belajar. Jelaskan saja bahwa yang berbeda hanya tempatnya dan tidak ada teman. Akan tetapi, biasanya mereka akan merasakan kecemasan karena berbagai faktor, salah satunya tidak mengerti pelajaran. Pada umumnya, setiap individu akan merasa bangga jika memiliki sesuatu yang lebih dibanding orang lain. Sebut saja lebih pandai, lebih berhasil, lebih baik, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, pihaknya mendesak semua stake holder terkait terutama menteri pendidikan untuk segera melakukan edukasi terkait preventif Covid-19 pada anak-anak. Dan menanamkannya sebagai Habitus Baru agar dimasa yang akan datang sungguh tercipta New Normal yang sesusungguhnya sebagai bagian upaya beradaptasi Slot Online terhadap kondisi yang ada. “Bagaimana etika batuk dan bersin, tata cara cuci tangan dan jaga jarak dikalangan anak sudah menjadi kebiasaan baru dan wajib bagi mereka? Memakai masker dimana pun dan kapanpun dengan benar,” terangnya. Jatim Newsroom -Pandemi Covid-19 sudah berlangsung mendekati dua tahun.

Cara agar anak mau belajar dengan baik

Meningkatkan motivasi dan mencegah kejenuhan dapat membuat anak meninggalkan rasa malas nya. Bagaimanapun juga belajar yang kurang bervariatif akan membuat anak menjadi bosan belajar. Belajar terlalu lama juga tidak baik karena belum tentu anak bisa menguasai materi yang terlalu banyak. Belajar menjelang tidur adalah waktu yang baik bagi anak untuk belajar.

Dilain sisi, seseorang yang rajin mengetahui caranya sendiri untuk bersenang-senang. Hal ini dilakukan agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Meskipun pada awalnya susah, secara perlahan-lahan kamu akan menyukainya.

Sehingga anak sebagai sosok peniru yang ulung akan meniru segala sesuatu yang dilakukan orangtuanya. Saat terbiasa melihat orangtuanya belajar maka anak akan melakukannya juga. Selain itu, nyaman untuk anak belajar seperti di ruang kelasnya. Terkadang menyulap salah satu ruang di rumah menjadi ruang belajar anak juga dapat meningkatkan perasaan anak seperti belajar di sekolah. Berbagai cara sudah saya lakukan untuk membangkitan semangat belajar dia tetapi hasilnya nihil.

Contoh anak yang tidak memiliki jadwal belajar rutin, terkadang iya bersikap sepele dengan menghabiskan energinya untuk bermain seharian. Ketika malam tiba dimana kita meminta anak belajar dia sudah terlalu lelah, dan itu bukanlah hal yang baik. Sebagai orang tua tentu harus membantu hal itu dengan selalu berkomunikasi dengan guru atau waki kelas anak kita di sekolah.

Fumi